8 Tipe Cinta Dalam Psikologi yang Wajib Kamu Tahu

Berbicara mengenai cinta tentunya kita akan selalu berbicara mengenai kasih sayang. Banyak orang yang menganggap dan membatasi bahasa cinta dan merasakan bahwa cinta itu hanya dapat dirasakan oleh dua muda mudi yang saling jatuh cinta.

Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa perasaan mencintai ternyata tidak melulu soal pacaran dan cinta kasih kepada tambatan hati loh . . .

Di bawah ini ada beberapa jenis cinta yang mungkin belum pernah kamu sadari. Yuk kita simak bersama.

8 Tipe Cinta Berdasarkan Psikologi

#1 Cinta Agape

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 2 - Cinta Agape-min

Tipe cinta yang pertama adalah Cinta Agape. Dalam bahasa Yunani, Cinta Agape adalah cinta yang tidak mementingkan diri sendiri atau cinta tanpa syarat.

Dalam agama Kristen, Cinta Agape berarti cinta yang bersifat total dan tanpa pamrih. Hal ini digunakan dalam melambangkan cinta kasih Tuhan terhadap ciptaan-Nya. Walaupun dapat juga diartikan sebagai cinta dengan derajat tertinggi menurut kepercayaan dan spiritual.

Menurut penelitian, Cinta Agape juga dapat dirasakan dan berkaitan erat dengan mental orang yang merasakannya. Biasanya orang yang memiliki Cinta Agape  akan mementingkan sisi spiritualnya dan dapat dibilang sangat agamis.

Baca juga : √ 2019 Kata Kata Bijak Islami Singkat Kekinian

#2 Cinta Mania

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 3 - Cinta Mania-min

Hosting Unlimited Indonesia

Dari namanya mungkin beberapa dari kamu bisa menebak. Yup ini adalah cinta dengan ciri khas posesif, terutama terhadap orang yang dicintai.

Penggambaran sempurna dari Cinta Mania tercermin dalam kisah Romeo dan Juliet, karya William Shakespeare. Tipe cinta ini menekankan bahwa cinta harus memiliki dan selalu mendapatkan balasan.

Jika cinta itu tidak terbalas atau tidak terlaksana, maka pemilik Cinta Mania akan muncul perasaan bahwa harga dirinya diinjak – injak. Dan yang paling parah adalah akan merusak diri dan menjadikannya sengsara serta nelangsa.

#3 Cinta Pragma

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 4 - Cinta Pragma-min

Jenis Cinta selanjutnya adalah Cinta Pragma. Tipe Cinta ini disebut – sebuh sebagai cinta yang penuh kedewasaan dan sangat bijaksana.

Cinta Pragma memiliki orientasi jangka panjang terhadap hubungan, yaitu jenjang pernikahan. Walaupun ini bukanlah cinta yang paling tulus, dikarenakan Cinta Pragma biasanya muncul karena adanya perjodohan.

Oleh karena itu sering kali Cinta Pragma memerlukan proses yang panjang dan dianggap bukan cinta yang romantis.

#4 Cinta Philia

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 5 - Cinta Philia-min

Jika kita memiliki seorang sahabat dekat, maka Cinta Philia adalah tipe cinta yang akan muncul dalam persahabatan kita.

Baca juga : 2019! Caption Tentang Sahabat Sejati Kekinian

Cinta ini bersifat relational. Orang lain dipandang sebagai suat pribadi yang memiliki kualitas yang baik serta memiliki ciri khas yang unik, seperti : cantik, pintar, lemah lembut, sabar. Cinta Philia tidak dibatasi oleh kelamin karena dapat dirasakan juga antar sesama pria ataupun sesama wanita.

Dapat dibilang bahwa Cinta Philia bukanlah berdasarkan hawa nafsu, tetapi murni karena persahabatan dan rasa saling percaya yang kuat.

#5 Cinta Eros

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 6 - Cinta Eros-min

Cinta Eros adalah jenis yang paling sering dirasakan oleh umat manusia dan merupakan jenis cinta yang paling umum. Cinta ini biasanya mulai dirasakan sejak bangku SMP. Walaupun rasanya terlalu dini untuk merasakan Cinta Eros di kala kamu masih ingusan, sehingga seringkali juga disebut Cinta Monyet.

Perasaan romantis yang muncul dari dalam sendiri seringkali muncul dari rasa cinta dari tipe Eros ini. Tujuan tertinggi dari Cinta Eros adalah memberikan perasaan dicinta dan menjadi kepuasan bagi orang yang mencintai.

Ciri paling umum dari jenis cinta eros adalah ketertarikan secara fisik dan perasaan untuk segera memiliki lawan jenis. Kata kata bijak cinta dan hadiah serta memberikan perhatian extra merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mendapatkan pacar.

#6 Cinta Ludus

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 7 - Cinta Ludus-min

Kurang tepat rasanya jika kita mengategorikan cinta monyet ke dalam cinta eros sehingga sekarang akan kita buat klasifikasi tersendiri. Hal ini dikarenakan cinta monyet bahkan muncul hanya untuk main – main saja, sehingga tidak ada komitmen apapun di dalamnya. Cinta Satu Malam!

Cinta ini seringkali disebut Cinta Ludus. Salah satu ciri orang yang menerapkan cinta ludus adalah seseorang yang seringkali memberikan rayuan maut kepada orang yang dicintainya dan kedua pasangan acap bertingkah kekanak – kanakan. Intinya adalah Cinta Ludus merupakan cinta untuk kesenangan semata.

#7 Cinta Storge

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 8 - Cinta Storge-min

Selain rasa cinta terhadap Tuhan, diri sendiri dan pujaan hati, tentunya rasa cinta kepada keluarga merupakan bentuk rasa cinta yang positif bukan?

Rasa cinta ini disebut dengan Cinta Storge dan merupakan cinta yang tumbuh semenjak manusia lahir ke dunia melalui rahim seorang ibu. Hubungan cinta storge dapat berlangsung antara orang tua dengan anak, anak dengan anak, atau mungkin keluarga kecil dengan keluarga besar.

Baca juga : Perhatikan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

Cinta ini terbilang sangat tulus, apalagi rasa cinta dari seorang Ibu kepada anaknya. Jika kita berhasil memunculkan dan menumbuhkan rasa cinta ini dalam pernikahan, maka dapat dipastikan bahwa pernikahan kamu akan langgeng selamanya sampai maut memisahkan kalian.

#8 Cinta Philautia

8 Tipe Cinta Dalam Psikologi - 9 - Cinta Philautia-min

Cinta Philautia sangat berbeda dengan jenis cinta lainnya. Hal ini dikarenakan Cinta Philautia sangat erat dengan narsism dan seringkali mementingkan diri sendiri.

Dalam batasan wajar, Cinta Philautia merupakan cinta yang tergolong dalam bentuk positif. Namun jika ini berlanjut dalam kadar yang berlebihan, maka Cinta Philautia akan bersifat merusak. Dalam kadar terburuk, seseorang akan jauh lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain sama sekali.

Kedelapan jenis cinta itu pada dasarnya ada di dalam diri setiap kita loh! Kendatipun mungkin kadar dari masing – masing yang berbeda. Beberapa orang mungkin menonjolkan cinta storge, berapa lainnya mungkin lebih memilih cinta eros.

Tentunya kita ingin mencapai level cinta yang tertinggi : Cinta Agape. Karena itu diperlukan pikiran – pikiran positif mengenai diri sendiri dan orang lain. Positive mindset inilah yang akan memurnikan rasa cinta kita.

Jadi, marilah kita tersenyum dan mulai berbagi cinta. Salam cinta penuh kehangatan buat kamu semua.

Loading...