Doa Setelah Sholat Fardhu Beserta Artinya [+Adab Adab Berdoa]

Doa Setelah Sholat – Mungkin banyak sekali orang-orang mukmin yang sering kali khilaf dalam mengerjakan dzikir setelah sholat atau setidaknya minimal mengerjakan doa setelah sholat. Jika kamu sadar, maka dari itu marilah kita terapkan dari sekarang, terutama dari diri kita sendiri.

Doa setelah sholat fardhu juga lain dengan doa sholat sunah. Misalnya setelah mengerjakan sholat Dhuha, kamu berdo’a dengan melafalkan doa yang biasa dihafal, tentu kurang khusus karena kepentingan dan keutamaan dari setiap sholat tentu sangat berbeda bukan?

Mungkin tak apa-apa menggunakan do’a yang biasa kita gunakan, hanya saja dari kepentingan sholat dhuha tadi tentu kita niatkan untuk meminta kepada Allah dalam bidang rezeki dan meminta agar dimudahkan dalam usahanya. Bisa juga di rangkai dengan kata kata islami dalam doa.

Tentu tidak lain dalam sholat ibadah Wajib yakni kamu harus menghafalnya karena mengingat Sholat Wajib yang biasa kita lakukan dalam keseharian yakni 5 waktu merupakan rutinitas bagi kita sesama muslim, dan tentu keutamaannya melebihi sholat sunah pada umumnya.

Doa Setelah Sholat Fardhu

doa setelah sholat fardhu

Banyak sekali makna doa setelah Sholat yang terpendam mulai dari makna perkata, dan makna keseluruhan ini di ambil dari hadist-hadist sohih Nabi Muhammad SaW. Tatkala beliau berdakwah, memberikan tausiah, dan nasihat agar meminta kepada Allah keselamatan di dunia dan akhirat.

Do’a setelah sholat fardu adalah salah satu pengabdian seorang hamba yang meminta/ merengek, merendah kepada tuhannya. Dari kesimpulan yang telah kita kaji dari hadis dan kitab-kitab kuning. Doa itu akan cepat di terima setelah diawali dengan sholawat kepada Nabi, dan juga ditutupi dengan Sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Namun sebelum memulainya sholawat dan do’a, lebih baik diawali dengan kalimat Hamdalah” lalu pada bagian penutupnya juga diakhiri dengan “Hamdalah”. Bertujuan untuk bersyukur kepada Allah karena masih diberikan nikmat hidup dan nikmatnya mengerjakan sholat fardhu.

Doa yang biasa dilantunkan adalah sebagai berikut:

Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat

Berikut ini kumpulan lafadz doa setelah sholat fardhu singkat dalam bahasa arab. Ada beberapa contoh doa yang bisa jadi refensi kamu.

بسم الله الرحمن الرحيم : ألحمد لله رب العالمين اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

١. اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تنجينا بها من جميع الآفات و تقضي لنا بها من جميع الحاجات وتطهرنا بها من جميع السيآت و ترفعنا بها عندك أعلى الدرجات و تبلغنا بها أقصى الغايات من جميع الخيرات في الحياة وبعد الممات

  1. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.

٢. أللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت

  1. Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.

٣. اللهم هون علينا في سكرات الموت والنجاة منالنار والعفو عند الحساب

Loading...
  1. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

٤. ربنا لاتزغ قلوبنا بعد إذهديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب

  1. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

٥. اللهم اغفرلي ذنوبي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا

  1. Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

٦. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار

  1. Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Baca juga : √ 2019 – Contoh Pantun Agama Menyejukkan Hati

Arti Dari Doa Setelah Sholat Fardhu

Sedang untuk arti dari doa setelah sholat fardhu diatas sebagai berikut.

  1. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
  2. Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.
  3. Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.
  4. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).
  5. Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.
  6. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Dari doa di atas telah kita pahami bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan tak punya apa-apa, akan tetapi banyak sekali orang-orang yang sombong karena kekayaan yang mereka miliki hingga lupa kepada tuhannya. Dan lupa bahwa mereka sedang diuji dengan kemewahan dunia yang mereka miliki sekarang.

Namun kebanyakan dari kita juga memiliki sifat itu, yakni ketika seseorang sedang naik daun pasti akan lupa kepada Robnya, karena yang mereka ingat cari dan tujuan awal hanyalah kekayaan dunia. Akan tetapi setelah Allah jungkir balikan posisi atau kemewahan tersebut saat ini juga, mereka pasti akan sadar bahwa allah yang mengatur dunia ini hingga akhirnya mereka bertaubat.

Seperti Firman Allah dalam al-Qur’an surat adz-Dzaariyaat ayat 56.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Pengetahuan Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” (QS adz-Dzaariyaat ayat 56).

Baca juga : √ Bacaan Doa Ziarah Kubur | Adab dan Tata Cara Ziarah Kubur

Adab-Adab Berdoa

Ada beberapa hal perlu kamu perhatikan ketika sedang atau mau akan berdoa. Agar harapan dari doa kita terkabulkan, maka wajib bagi kita untuk memperhatikan beberapa adab adab dalam berdoa. Diantaranya sebagai berikut ini.

  • Memulainya dengan Sholawat Ditutup dengan Sholawat

Berdasarkan hadist Nabi meriwayatkan bahwa berdoa itu tidak harus dengan bahasa Arab akan tetapi bisa menggunakan semua bahasa karena Allah Maha Mengerti. Setidaknya kamu berdoa dengan memuji dan merayu Allah (Ex : Alhamdulillah) serta diteruskan dengan membaca shalawat dan menutupnya dengan Sholawat.

  • Waktu

Waktu yang dianjurkan adalah tatkala semua orang sibuk atau terlelap, sedangkan kamu berdoa kepada Allah SWT.

  • Keadaan

Kondisi/keadaan juga sangat cenderung kita lewati padahal jikala hujan turun itulah pintu rahmat sedang terbuka maka berdoalah.

  • Menghadap Kiblat

Mungkin kita masih belum bisa menyentuh kiblat karena kendala biayanya, tapi dengan niat yang tulus InsyaAllah berdo’a dengan menghadap kiblat oleh Allah disamakan persis seperti orang yang sedang berdo’a di depan ka’bah.

  • Mengangkat Tangan

Buktikan kalau kamu sedang bersungghuh-sungghuh meminta kepada Allah.

  • Suara yang Merayu dan Meminta

Sebagai seorang hamba wajib bagi kita merendah kepada tuhannya, menunjukan bahwa Allah adalah penguasa satu-satunya yang pantas kita sembah.

  • Khusu’ dan Penuh Harap

Fokus kepada 1 yang dituju ialah mengharap keridhoan_Nya

  • Yakin

Tanpa keyakinan do’amu hanyalah angin yang berlalu, dan tak akan pernah dikabulkan.

  • Istiqomah

Dengan terus menerus pasti Allah kasih karena sebaik-baiknya perkara ialah dia yang terus menerus walaupun sedikit.

  • Sabar dan Tidak Tergesa-Gesa

Kebanyakan kita banyak sekali yang berdo’a sekarang dan minta agar do’a tersebut dikabulkan sekarang juga, apakah mereka tidak pernah berkaca atas apa yang mereka perbuat adalah bagaikan pekerjaan yang tergesa-gesa, dan bagaimana bisa dikabulkan sedangkan kamu tidak mematuhi perintah Allah SWT.

  • Tidak menjelek atau Mendoakan Orang dalam Keburukan

Jika kamu pernah melakukan tersebut maka segera hentikan sekarang juga! Karena apabila kamu sedang mendoakan orang lain maka para malaikat akan mendengar dan otomatis mendoakan dirimu pula. Justru dari itu Nabi tidak menganjurkan apabila air tuba dibalas dengan air tuba.

Baca juga : √ Pengertian Sel Tumbuhan & Ulasan 3 Fungsi Sel Tumbuhan

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat jangan lupa kunjungi Website resmi kita Carakus.com, karena disana banyak juga artikel yang kalian butuhkan seperti Tata Cara Sholat Fardhu, dan beragam info menarik lainnya. Sekian dari saya Terima kasih.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.