√ Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

Kalau Anda sampai menemukan artikel ini, kami rasa Anda pasti sedang menanti – natikan kedatangan dari buah hati tercinta. Mulai persiapkan dari sekarang dengan mengenali 10 ciri – ciri orang hamil muda.

Jangan ditunda lagi ya sobat Pop & Mom. Segera kenali ciri – ciri kehamilan sehingga Anda dapat mempersiapkan yang terbaik untuk buah hati Anda.

Kehamilan atau Mengandung, merupakan sebuah tahapan yang ditungu oleh banyak pasangan setelah pernikahan terjadi. Banyak pasangan yang telah mendamba – dambakan untuk menjadi orang tua, karena ini adalah sebuah fase yang sangat membahagiakan bagi seluruh pasangan.

Pertanyaannya : Apakah Anda sudah mengetahui tanda – tanda apakah Anda sudah berbadan dua di bulan ini. Meskipun hal tersebut dapat dicek secara akurat melalui tes darah di laboratorium ataupun melalui test urin dengan menggunakan alat test kehamilan. Anda (dan tentunya pasangan Anda) dapat mengenali ciri – ciri hamil muda melalui beberapa hal berikut :

10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

#1 Berhenti Menstruasi

Tidak mendapatkan menstruasi adalah salah satu ciri – ciri orang hamil muda yang paling umum. Hal ini menandakan bahwa seorang wanita mungkin telah berada pada tahap awal kehamilan.

Selama menstruasi normal, lapisan rahim akan mengalami peluruhan dan dilepaskan dalam bentuk darah dan biasanya terjadi selama tiga sampai tujuh hari.

Pada seorang wanita yang mengalami kehamilan terjadi produksi hormon progesteron, yang akan mempertahankan lapisan rahim. Hal ini menunjukkan bahwa wanita tersebut tidak akan mengalami menstruasi karena lapisan rahim tidak lagi mengalami peluruhan.

#2 Perubahan pada Payudara

Jika Anda positif hamil, maka payudara Anda umumnya akan membesar. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya produksi hormon progesteron dan hormon estrogen.

Perubahan fisik lain yang mungkin terjadi adalah puting susu yang terlihat lebih gelap dan pembuluh darah yang semakin jelas.

Hosting Unlimited Indonesia

Perubahan fisik ini mengakibatkan payudara menjadi lebih sensitif sehingga mungkin menjadi terasa lebih sakit apabila ada tekanan – tekanan tertentu pada payudara Anda.

#3 Mudah Lelah

10 Ciri - Ciri Orang Hamil Muda - Foto 3 - Mudah Lelah

Peningkatan hormon estrogen dapat menyebabkan kelelahan yang luar biasa pada orang yang hamil muda, terutama selama tiga bulan pertama.

Perut calon Ibu yang semakin besar juga memberikan beban tambahan bagi tubuh calon Ibu. Hal ini dikarenakan Ibu akan membawa 2 tubuh : tubuhnya sendiri dan tentunya tubuh dari sang buah hati. Apalagi seiring bertambahnya usia kehamilan maka “hadiah” ini tentunya akan semakin berat. Akibatnya kinerja dari beberapa organ vital seperti jantung dan paru – paru akan semakin bertambah, sehingga ibu akan cepat lelah.

#4 Mual

Mayoritas dari Ibu Hamil akan mengalami tanda kehamilan ini. Rasa mual ini dikenal dengan istilah morning sickness, karena rasa mual dan muntah ini umumnya terjadi di pagi hari.

Sebenarnya rasa mual ini dapat terjadi juga pada siang atau malam hari.

Pemicu dari morning sickness adalah hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) dan hormon ini baru akan berkurang ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua.

#5 Kram

Selama masa – masa awal kehamilan, seorang wanita yang sedang hamil muda akan sering mengalami kram, terutama pada bagian perut dan kaki.

Kram ini diakibatkan oleh perubahan pada cara tubuh memproses kalsium yang masuk. Sebelum hamil, Anda menggunakan kalsium itu tubuh Anda sendiri. Tetapi ketika hamil, banyak kalsium yang Anda dapatkan digunakan untuk mengembangkan tulang dan gigi pada bayi Anda.

#6 Ngidam

Ciri – ciri orang hamil muda berikutnya adalah ngidam. Ngidam menunjukkan keinginan wanita terhadap suatu makanan.

Ngidam dikabarkan sering membuat pusing para suami dikarenakan preferensi selera makan dari ibu hamil berubah. Mayoritas ibu hamil akan merasa benci terhadap makanan favorit mereka, dan sangat menginginkan makanan yang sebelumnya mereka benci.

Yang membuat para suami lebih pusing adalah ibu hamil kemudian akan malas memakannya karena rasa mual yang mereka rasakan. Aneh bukan?

#7 Lebih Sering Buang Air Kecil

10 Ciri - Ciri Orang Hamil Muda - Foto 4 - Sering Buang Air Kecil

Wanita yang sedang hamil muda cenderung lebih sering pergi ke kamar kecil. Hal ini diakibatkan karena ukuran rahim memberikan tekanan pada kandung kemih.

#8 Perubahan Mood

Kehamilan merupakan suatu pengalaman emosional bagi ibu hamil. Selain itu, perubahan hormon dan sifat kehamilan juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai perasaan.

Jadi jangan merasa bingung apabila anda melihat ibu hamil yang menjadi murah atau sedih ya sobat Howie 🙂

#9 Suhu Badan Naik

Ciri – ciri orang hamil lainnya adalah suhu basal tubuh yang meningkat. Suhu basal tubuh adalah kondisi suhu tubuh pada pagi hari sebelum ibu hamil bangun dari tempat tidur dan mulai beraktivitas.

Kondisi ini tidak akan berubah apabila sang wanita positif hamil sehingga disarankan untuk sang ibu untuk minum air yang cukup untuk menjaga suhu tubuh.

#10 Berjerawat

10 Ciri - Ciri Orang Hamil Muda - Foto 2 - Berjerawat

Ini dia ciri – ciri kehamilan yang paling ditakutkan oleh wanita. Jerawat! Hal ini diakibatkan meningkatnya volume darah dan hormon yang mengalir dalam darah.

Jadi jangan takut ya Mom 🙂

Walaupun nampaknya masih jauh, pasti nantinya akan terjadi perubahan dalam hal keuangan Anda ketika buah hati telah hadir ke tengah – tengah Anda dan pasangan. Pengeluaran yang semakin banyak untuk membeli susu formula dan popok serta biaya dokter rutin, perlu Anda persiapkan dengan baik.

Bingung mempersiapkan biaya harus mulai dari mana? Kami merekomendasikan jasa ngurusduit.com untuk perencanaan dan management keuangan Anda.

2 thoughts on “√ Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...