fbpx

5 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan

Tips naik gunung saat musim hujan – Kegiatan mendaki gunung bukanlah hobi yang ekslusif lagi dalam waktu ini. Kegiatan ini dengan cepat merambah anak muda dan menjadi favorit untuk menjadikannya sebagai bahan foto dan diberikan caption ig keren untuk dipamerkan kepada teman – temannya melalui social media. Banyak dari mereka yang sudah berpengalaman mendaki gunung, tetapi ada juga pendaki pemula. Berhubung saat ini memasuki musim hujan dan nampaknya cuaca bukanlah halangan bagi beberapa pendaki untuk memantapkan hobinya ini. Ada baiknya sobat Howie membaca artikel mengenai tips naik gunung saat musim hujan, sehingga kalian dapat menikmati perjalanan kalian.

Baca juga : Caption IG Instagram Romantis Kekinian Lucu Jaman Now

#1 Menggunakan Layering Yang Tepat

Layering yang tepat akan membuat akan membuat tubuh kita beradaptasi dengan baik. Apalagi saat musim hujan, cuaca cenderung lebih dingin sehingga layering menjadi sangat penting. Pada umumnya, layering terdiri dari tiga bagian, yaitu base layer (lapisan dasar), insulting layer (lapisan tengah) dan shell layer (lapisan paling luar).

#2 Jika Memungkinkan, Tek Tok Aja

Berkemah di pegunungan ketika curah hujan sedang tinggi akan terasa sangat merepotkan dan tidak nyaman. Beberapa area perkemahan sangat mungkin tergenang air sehingga kamu tidak bisa tidur di saat malam. Apalagi beberapa tenda hanya terdiri dari single layer sehingga dapat terembes oleh air, alhasil kamu berenang saat tidur. Jika memungkinkan, mendakilah dengan cara “tek tok” atau langsung naik turun tanpa harus menginap.

#3 Simpan Barang Bawaan Dalam Dry Bag

Dry bag merupakan tas air yang berfungsi untuk melindungi barang – barangmu dari kondisi basah saat kita naik gunung saat musim hujan. Pastikan semua barang, terutama baju, berada di dalam dry bag atau minimal kantong plastik sebelum kamu memasukkannya ke dalam carrier. Percayalah bahwa cover bag tidak dapat menjaga isi carrier-mu dari air hujan.

#4 Gunakan Gaiters

Gaiters berfungsi untuk melindungi kaki bagian dalam dari air, lumpur, atau pasir sehingga tidak masuk ke dalam sepatu. Tentunya akan sangat merepotkan apabila sepatu kita kemasukan benda – benda kecil, apalagi saat musim hujan. Memang sobat, Howie menyadari bahwa harga gaiters tidak murah dan kita perlu menyiapkan budget untuk membelinya.

Howieandbelle - 5 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan - Foto 2

#5 Menggunakan Pakaian Quick Dry

Pakailah kaos dan celana yang terbuat dari bahan quick dry. Bahan ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam naik gunung saat musim hujan. Selain ringan dan mudah dibawa, pakaian dengan fitur ini dapat kering dengan cepat sehingga kita tidak baju kita tidak basah karena keringat berlebihan, dan paling penting. Menghindari risiko terkena hipotermia.

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Pribadi Ala Orang Kaya

Itulah tips mendaki gunung ala howieandbelle, khususnya saat musim hujan. Biasakanlah mempersiapkan diri dengan baik, agar kita dapat mendaki dengan aman dan nyaman. Kalau kalian ingin berbagi saran lain, silahkan komentar di bawah ya 😀

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.