7 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Sukses Berbicara di Depan Umum – Berbicara depan umum merupakan suatu hal yang tidak populer bagi banyak orang. Tidak populer karena tidak semua orang dapat melakukan public speaking yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Public speaking tidak hanya membutuhkan kepercayaan diri, tetapi juga aksi yang baik untuk menggaet penonton.  Saya banyak sekali belajar bagaimana para expert mempersiapkan penampilan mereka agar bisa tampil dengan sukses saat berbicara di depan umum. Dalam era kompetisi global saat ini, keterampilan public speaking keterampilan yang wajib dimiliki oleh siapapun. Entah itu eksekutif, dosen, pengusaha, entrepreneur, mahasiswa, pelajar, bahkan dokter sekalipun. Keterampilan public speaking yang baik akan membuat kita mampu menyampaikan gagasan yang ada di kepala kita secara terstruktur dan bahkan membekas di hati para pendengar. Simak 7 tips sukses ini sahabat Howie.

Baca juga : 7 Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Hindari Menghapal

Menghapalkan apa yang akan kita sampaikan dalam public speaking memang penting, tetapi sebaiknya kita perlu menghindari untuk menghapalkan kata demi kata. Bukannya sukses, nantinya pidato kita akan terkesan sangat kaku dan garing. Selain ini, langkah ini juga sangat berisiko tinggi di mana nantinya ada kemungkinan kita dapat blank di tengah jalan begitu kita melupakan satu kata dari ribuan kata yang kita hapalkan.

Tulis Materi dalam Bentuk Poin

Berkaitan dengan tips sukses berbicara di depan umum yang pertama, poin kedua ini menyatakan bahwa penguasaan materi itu lebih penting dari menghapalkan materi yang akan kita bawakan. Pastikan kita menguasai seluruh materi yang akan dibawakan, lalu kita perlu menulis materi tersebut dalam bentuk poin – poin. Ketika tampil di depan panggung, kita bisa menyampaikan poin – poin tersebut secara lancar dengan alami.

Time Management

Penting untuk seorang pembicara mengetahui durasi waktu yang diberikan kepadanya untuk berbicara. Dengan demikian, public speaker bisa merencanakan apa – apa saja poin yang akan dia sampaikan ketika tampil di depan panggung. Jangan sampai materi sudah habis, padahal masih banyak waktu yang tersisa. Jangan juga, materi belum ada yang tersampaikan padahal waktu sudah habis. Apalagi kalau materi yang tertinggal adalah materi – materi penting.

Hindari Bergumam, seperti “Emm” dan “Ehh”

Daripada mengucapkan kata kata yang mengganggu seperti emm dan ehh atau kata kata sejenisnya, akan lebih baik apabila kita menutup mulut dan kemudian mengambil napas panjang. Cara lain yang mungkin kita gunakan adalah pamit minum sehingga dapat mengambil jeda yang lebih panjang. Ketika pikiran kita tenang, kita dapat memikirkan apa yang dapat disampaikan selanjutnya.

Mengenali Audiens

Sebelum berbicara di depan panggung, pastikan kita telah mengetahui benar audiens kita. Kita perlu tahu preferensi dari usia mereka, tingkat pendidikan, proporsi laki – laki dan perempuan, hingga minat dan interest mereka. Ini diperlukan agar materi kita tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan para pendengar kita.

Interaksi dengan Audiens

Hal ini dapat dilakukan selama sesi diskusi berlangsung. Ada juga speaker yang datang lebih awal untuk mengobrol dengan calon audiensnya sebelum sesi berlangsung. Hal ini penting untuk dia lakukan karena dia dapat mengenal dan dikenal oleh audiens serta untuk menghangatkan pita suara sehinga akan lebih jelas ketika menyampaikan pidato.

Baca juga : 7 Cara Pembukaan Pidato Yang Pasti Sukses

Melakukan Visualisasi Atas Keberhasilan Presentasi

Salah satu kunci sukses berbicara di depan umum adalah percaya diri. Nah, ini dia kunci untuk mendapatkan rasa percaya diri adalah dengan membayangkan keberhasilan di akhir penampilan kita. Membayangkan hal – hal baik yang akan terjadi akan memberikan kita kepercayaan diri yang tinggi. Mari kita bayangkan kita akan mendapatkan applause, bahkan standing applause dari pendengar kita. Sungguh amazing bukan?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.