3 Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Untuk Pemula [Info Lengkap]

Selamat datang calon blogger Indonesia!

Terdapat 2 fakta menarik yang perlu Anda ketahui sebelum kita memulainya :

  • Fakta 1 : Cara membuat blog sangatlah mudah

Membuat blog tidaklah ekslusif untuk mereka yang paham mengenai coding saja. Siapapun dapat mempelajari cara membuat blog gratis, termasuk Anda, termasuk saya. Hal ini dikarenakan kita akan belajar membuat blog dengan platform pembuatan blog seperti WordPress, Blogspot, Wix. Dengan bantuan platform tersebut, Anda dapat membuat blog hanya dalam hitungan menit loh!

  • Fakta 2 : Membuat blog itu sukses adalah Pe – eR (aka sulit)

Anda mungkin tertarik menjadi blogger setelah berkunjung ke beberapa situs blog besar di Indonesia dan merasa kagum dengan kesuksesan yang mereka dapatkan. Atau mungkin Anda tertarik karena mendengar bahwa blog dapat menghasilkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah per bulan. Yang Anda perlu sadari bahwa mereka telah berkecimpung di dunia blogger selama bertahun – tahun.

Tapi jangan takut, jangan juga gentar! karena kita harus menanamkan kata kata motivasi diri : “tidak perlu lompatan besar. langkah kecil pun tak apa, yang penting arahnya benar”, seiring berjalannya waktu kesuksesan itu akan datang menghampiri kok.

Apapun yang menjadi alasan Anda, Howie yakin bahwa ini akan menjadi halaman yang tepat untuk memandu kalian secara lengkap mengenai cara membuat blog pribadi.

Saya tidak akan mengajari Anda mengenai cara pendaftaran akun baru di Blogger / Blogspot ataupun cara menggunakan akun WordPress. Ini mah receh. 5 menit juga selesai.

Saya akan mencoba untuk berbagi kepada Anda mengenai hal – hal yang lebih penting lagi.

Apa itu howie? Saya akan mengajarkan mengenai cara membuat blog yang akan sukses dengan besar.

Setelah membaca artikel ini dan mengikuti panduan ini dari awal sampai akhir, Anda pasti bisa membuat blog yang menarik. Blog yang tampilannya OK dan berkualitas tinggi sehingga tidak kalah dengan para blogger sukses Indonesia saat ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Artikel cara membuat blog gratis ini akan dibagi menjadi beberapa bagian sehingga Anda akan mempunyai dasar dan pondasi blog yang kokoh.

Sudah siap membuat blog? Tidak usah berpanjang – panjang lagi, mari kita sama – sama memulai langkah pertama Anda untuk menjadi blogger sukses!

3 Cara Membuat Blog Gratis

#1 : Menentukan Topik Blog

cara membuat blog gratis - menentukan topik blog

Menentukan topik atau tema dalam sebuah blog yang Anda kelola merupakan sebuah pondasi dasar dalam sebuah blogging. Mungkin Anda berpikir bahwa ini merupakan tahap gampang. Toh cuman memilih topik… Padahal ini adalah salah tahap paling penting dalam blogging. Bahkan ada kata kata bijak kehidupan yang berkata : “Failing to Plan means Planning to Fail“. Artinya gagal dalam merencanakan adalah tindakan merencanakan kegagalan.

Fakta paling menarik dalam dunia blogging adalah terdapat 500 juta blog di dalam dunia maya (dikutip dari 99firms.com). Dari 500 juta blog tersebut, sebuah konten baru diterbitkan setiap 0.5 detik. Wow! Ga sampai 1 detik loh! Ini berarti ada ratusan ribu konten yang diposting setiap harinya dari seluruh dunia.

Yang paling mencengangkan adalah lebih dari 80% blog di dunia hanya mendapatkan kurang dari 3.000 pengunjung per bulan atau sekitar 150 pengunjung per hari. Padahal jumlah pengguna internet di dunia mencapai 4 Miliar orang (dikutip dari wearesocial.com).

Keadaan yang sangat miris bukan?

Lalu apa penyebabnya?

Berdasarkan survey yang Howie lakukan ada beberapa penyebab blog sepi pengunjung, antara lain :

  • Topik blog yang tidak terarah, berantakan tak karuan.
  • Topik yang dipilih tidak populer.
  • Topik yang dipilih tidak sesuai passion, jadi kontennya cemen.

Tentunya hal tersebut merupakan hal yang wajar bukan? Pikir saja kalau Anda hanya memiliki waktu 24 jam : (1) 8 jam Anda pakai untuk istirahat, (2) 8 jam Anda pakai untuk tidur, (3) tentunya sisa waktu yang ada ingin Anda manfaatkan dengan baik bukan? Mungkin Anda hanya sempat membaca 3 – 5 website per harinya.

Menurut Anda, apakah Anda akan membaca website (atau blog) yang isinya berkualitas dan bermanfaat bagi Anda … atau blog yang ditulis dengan ala kadarnya?

Saya ras Anda pasti sama dengan saya. Anda pasti memilih blog yang berkualitas, bermanfaat, bahkan menarik bagi Anda kan.

Itu adalah KUNCI SUKSES Anda.

KUNCI SUKSES dalam membuat blog yang pertama adalah kita harus mampu membuat konten yang bagus, sehingga Anda wajib hukumnya untuk memilih topik yang Anda kuasai dan minati sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Coba kita bayangkan saja. Kalau kita tidak mengetahui apa – apa dan tidak tertarik mengenai suatu topik. Apakah kita dapat mengajak orang lain untuk menyukai topik yang kita bawakan.

Rasa – rasanya sih sulit kawan!

#2 : Memilih Nama Domain yang Mudah Diingat

cara membuat blog pribadi - memilih nama domain

Domain name digunakan untuk mengakses blog yang kita miliki. Misalnya saja website saya mengenai management keuangan, nama domainnya adalah ngurusduit.com.

Supaya blog Anda mempunyai nama domain yang mudah diingat oleh para pengunjug, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut :

  1. Mudah Dieja – Pastikan nama domain Anda mudah dieja. Anda dapat menggunakan nama Anda sendiri sebagai domain. Atau Anda juga dapat menggunakan alternatif lain dengan mengombinasikan kata yang mendeskripsikan diri atau minat Anda. Misalnya saja Anda adalah seseorang yang menyukai bisnis, Anda dapat menggunakan nama domain seperti businessmind.com.
  2. Singkat – Pastikan Anda memilih nama domain yang singkat. Batas maksimum dari sebuah domain adalah 63 karakter. Anda dapat mengombinasikan karakter seperti angka, huruf, atau tanda hubung / minus (-). Namun disarankan untuk membuat nama domain sesingkat mungkin agar mudah dihafalkan.
  3. Hanya Menggunakan Huruf – Walaupun secara sistem, nama domain memperbolehkan Anda untuk menggunakan angka dan tanda hubung (-), kami menyarankan Anda untuk menggunakan huruf saja. Hal ini karena angka dan tanda hubung dapat menyulitkan orang lain dalam menghapal domain Anda.

Apabila Anda sudah membayangkan nama domain blog yang akan digunakan, tentunya Anda perlu cek & ricek apakah domain tersebut available untuk Anda gunakan. Anda dapat cek ketersediaan domain tersebut di dewaweb.com.

#3 : Memilih Platform Blog Terbaik

cara membuat blog professional - memilih platform blog

Cara terakhir untuk membuat blog adalah memilih platform blog terbaik. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan masalah hosting dan melakukan optimasi blog sendiri, ada banyak platform blogging yang dapat Anda gunakan. Bahkan platform – platform tersebut telah memiliki fitur yang lengkap dan yang terpenting : GRATIS!

Jika saat ini Anda membaca pos ini sekarang, saya berpikir bahwa Anda adalah mereka yang ingin membuat lompatan sebagai bagian dari contoh resolusi tahun baru yang ingin Anda capai saat ini. Anda benar – benar ingin bergerak menjadi content creator, ketika orang di sekeliling Anda hanya menikmati sebuah bacaan.

Howie telah melihat situ – situs yang ada di luar sana dan telah memilihkan platform blogging gratis terbaik untuk Anda. Berikut adalah 3 platform bloggin terbaik versi howieandbelle.com :

3.1 : Platform WordPress (WP)

cara membuat blog gratis dengan wordpress

WordPress.com adalah platform gratis bagi para Blogger yang ingin memulai perjalanan karir mereka di dunia maya. Platform ini dikenal karena fitur yang sangat kaya dan mempunyai banyak sekali orang yang mengembangkan dari seluruh dunia. Hal ini dikarenakan wordpress merupakan sistem yang open source sehingga kepopulerannya semakin meningkat. Bentuk pengembangan tersebut meliputi theme, pluggin, desain, SEO, dan masih banyak lagi. Saya sendiri menggunakan theme GeneratePress Pro yang sangatlah mudah digunakan.

Mungkin banyak dari rekan – rekan Blogger yang menanyakan perbedaan mengenai wordpress.com dan wordpress.org, maka izinkan saya sebelumnya untuk berbagi sedikit mengenai perbedaan tersebut.

WordPress.com adalah sebuah platform untuk membuat blog atau disebut juga Content Management System (CMS), sedangkan wordpress.org adalah organisasi yang menyediakan Anda instalasi download gratis dari CMS tersebut. Artinya ketika kita menggunakan wordpress.com, berarti kita juga menggunakan server yang telah disediakan oleh wordpress.com itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki server sendiri, maka Anda perlu menginstall CMS dari wordpress.org sehingga Anda akan memiliki sistem yang kemampuannya sama persis dengan wordpress.com.

Sebagai kompensasi atau timbal balik karena Anda menggunakan server wordpress.com, maka Anda akan memiliki subdomain namablog.wordpress.com yang didapatkan ketika Anda pertama kali mendaftar. Atau Anda dapat menggunakan domain namablog.com dengan mengupgrade paket dari versi gratis ke versi berbayar.

Pada versi gratisnya, pengguna wordpress.com tidak diperkenankan untuk menjadikan blog Anda sebagai media komersial untuk pemasangan iklan dari Google Adsense ataupun jaringan iklan lainnya. Hal ini juga termasuk menjadi wordpress.com untuk berjualan secara online atau apapun yang dapat mendatangkan uang.

Sedangkan pada wordpress.org, Anda dapat mendownload software wordpress dan menginstall di server yang Anda miliki. Selanjutnya Anda bebas memasang iklan atau membuat toko online dengan menggunakan CMS WordPress.

Berikut cara membuat blog gratis di platform WordPress :

  1. Membuka situs wordpress.com
  2. Klik “Buat Situs Web”
  3. Muncul halaman baru di mana Anda perlu mengisi detail informasi yang diperlukan seperti email, nama pengguna, password, dan tentunya alamat blog.
  4. Jangan lupa untuk klik link “akan menggunakan alamat gratis”.
  5. Klik tombol “buat blog”
  6. Tahap terakhir dalam membuat blog adalah memverifikasi email Anda. Jadi pastikan alamat email yang Anda masukkan sudah benar dikarenakan pihak wordpress akan mengirimkan link verifikasi ke email tersebut. Apabila Anda sudah melakukan verifikasi maka blog Anda telah jadi dan siap untuk diisi.

3.2 : Platform Blogger / Blogspot

cara membuat blog gratis dengan blogspot

Selain wordpress.com, platform blogspot.com juga sangat populer di kalangan Blogger Indonesia. Hal ini tentunya dikarenakan selain gratis, blogspot juga memiliki kemampuan yang tak kalah canggihnya dengan wordpress.com. Salah satu alasan terbesar untuk seseorang menggunakan platform blogspot adalah platform ini dimiliki oleh Google. Hal ini menjadikan blogspot sebagai platform ngeblog terbesar di dunia.

Nah, karena blogspot ini dikembangkan oleh Google, mereka yang menggunakan platform ini akan memperoleh kemudahan untuk mendaftar program Google Adsense. Di saat Blogger lainnya susah payah meningkatkan traffic untuk mendaftar Google Adsense dan tetap ditolak berkali – kali, mereka yang menggunakan blogspot dapat dengan mudah diterima (bahkan ketika blog baru 1 hari dibuat).

Selain itu, blogspot juga dipercaya menjadi satu – satunya website yang tidak pernah down / mengalami gangguan sejak didirikan. Hal ini dikarenakan kapasitas server yang dimiliki oleh Google Blogspot sangatlah besar sehingga dapat menampung unlimited bandwith bahkan ketika ada jutaan orang yang mengunjungi website Anda di satu waktu!

Berikut adalah cara membuat blog gratis di platform blogspot :

  1. Membuka situs blogger.com
  2. Klik “Blog Baru” atau “Create Your Blog”
  3. Buat Nama dan Alamat Blog
  4. Memilih Template
  5. Klik “Buat Blog”. dan Selamat! Blog Anda sudah jadi. Anda sekarang dapat membuat content pertama Anda

3.3 : Platform Wix

cara membuat blog gratis dengan wix

Meskipun terdapat banyak sekali platform untuk membuat blog di dunia maya, pada umumnya tools tersebut terbagi menjadi 2 yaitu : (1) Content Management System (CMS) dan (2) Website Builder. Kita telah mempelajari bersama bahwa wordpress dan blogspot merupakan contoh dari CMS, sedangkan wix.com merupakan gambaran dari sistem website builder.

Memang howie akui bahwa memilih platform untuk membuat blog pribadi merupakan tantangan tersendiri bagi Blogger pemula. Oleh karena itu, howieandbelle memberikan wix.com untuk menjadi salah satu pertimbangan platform untuk website kalian. Wix.com menyediakan sepenuhnya layanan hosting dan domain sehingga dapat meningkatkan keamanan situs website Anda.

Wix.com didirikan pada tahun 2005 oleh 3 orang sahabat yang bernama Giora Kaplan, Avishai Abrahami dan Nadani Abrahami. Dengan kantor pusat di Tel Aviv dan New York, wix.com membawa misi mulia untuk memberdayakan siapapun yang ingin membuat situs websitenya secara mandiri.

Saat ini platform wix.com telah dipercaya oleh lebih dari 110 juta pengguna dari 190 negara. Hal ini dikarenakan sistem drag & drop yang membuat seluruh user dapat membuat blognya sendiri dengan relatif cepat dan mudah. Selain itu, situs Anda juga akan dioptimalkan sehingga dapat dijelajahi oleh search engine, seperti Google, Bing, Yahoo, atau Baidu. Jadi bisa dikatakan bahwa wix.com menawarkan cara pembuatan situs yang paling lengkap dan bagus untuk pemula.

Berikut adalah cara membuat blog gratis di platform wix.com :

  1. Login ke dalam situs resmi wix.com
  2. Klik “Get Started” -> “Daftar”
  3. Anda akan mendapatkan 2 opsi pendaftaran : (1) menggunakan email ; atau (2) menggunakan akun media social seperti Facebook / Google.
  4. Selanjutnya Anda akan diberikan pilihan kembali, (1) Wix ADI – apakah Anda ingin dibuatkan website oleh wix; atau (2) Wix Editor – apakah Anda ingin mendesign website sendiri.
  5. Kemudian, Anda dapat memilih fitur – fitur yang Anda inginkan.
  6. Masukkan nama website Anda
  7. Masukkan style Anda
  8. Memilih warna Anda
  9. Memilih desain thema blog
  10. Memilih nama domain
  11. Apabila Anda sudah puas dengan tampilan akhir website Anda, klik “PUBLISH”. Tarara, website Anda telah selesai dibangun!

[Bonus] Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan mendaftarkan blog Anda ke program Google Adsense. Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui Blog yang dibesut oleh Google. Google Adsense menyediakan script bagi content creator untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. Saat ini Google Adsense sangatlah populer di kalangan Blogger dan Youtuber.

Basis penghasilan dari Google adalah CPC dan PPC. Anda dapat mempelajari cara menghitung penghasilan dengan Google Adsense dengan sangat mudah. Google Adsense sendiri mendukung Bahasa Indonesia sehingga semua Blogger di Indonesia bisa ikut bergabung dalam program ini.

Untuk mendaftar ke Google Adsense sebenarnya tidak sulit, tetapi Google Adsense sangat selektif dalam menerima partnernya bisnisnya saat ini. Blog Anda harus memiliki konten yang cukup unik dan berjumlah minimal 20 artikel (disarankan) sehingga dapat memiliki nilai jual yang bagus. Selain Google Adsense, terdapat alternatif cara mendapatkan uang dari blog, seperti Content Placement atau Penulis Freelance.

Baca juga : [Info Lengkap] 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal 

Group FB - Facebook - Blogger Kaya Community

Group WA - Whatsapp - Blogger Kaya Community

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...